Cara Mudah dan Kilat Membersihkan Dapur


Proses membersihkan dapur tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam. Hanya dalam waktu kurang dari sepuluh menit, Anda bisa menjamin dapur selalu bersih. Hanya saja, Anda perlu melakukan hal berikut ini secara berkala. Bila perlu, lakukan setiap selesai menyantap makanan.

Pertama-tama, segera bereskan sisa makanan. Simpan makanan yang belum sempat Anda santap, dan bersihkan permukaan meja dari tumpahan makanan. Manfaatkan cairan pembersih dapur untuk memastikan permukaan meja makan dan meja dapur bersih dari sisa makanan, lemak, dan kotoran lainnya. Selain itu, rendam pula panci berlemak dalam air sabun hangat selama beberapa menit sebelum mencucinya.

Kedua, mulailah mencuci piring. Jika Anda menggunakan mesin pencuci atau dishwasher, pastikan menaruh piring, sendok, dan garpu secara berkelompok menurut jenisnya. Hal ini disampaikan oleh penulis buku The Organically Clean Home, Becky Rapinchuk. Jangan lupa, pastikan juga Anda membongkar perlengkapan memasak, seperti spatula, agar air kotor tidak terjebak antara spatula dan gagangnya.

Sementara, jika Anda mencuci piring dan perlengkapan makan lainnya secara manual, cobalah mencuci menurut jenisnya. Misalnya, mulailah dengan mencuci sendok dan garpu, kemudian piring, baru terakhir panci.

Ketiga, jangan lupa membersihkan keran dan bak cuci piring setelah Anda mencuci piring. Tanpa Anda sadari, minyak dan kotoran dari sisa makanan bisa menumpuk di keran. Rapinchuk juga mengingatkan untuk membersihkan gagang lemari es, tombol microwave, dan kenop kompor.

Terakhir, sapu daerah di sekitar meja makan dan kompor, serta ikat plastik sampah, dan bawa keluar.

Sumber : www.huffingtonpost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar